Jumat, 27 Mei 2011

KEBUDAYAAN INDONESIA "BATIK"

Semua pastinya sudah kenal bukan yang namanya batik??
batik adalah salah satu pakain khas indonesia khususnya di pekalongan,jogja,solo dan daerah-daerah jawa lainnya. Batik sudah sangat populer diseluruh indonesia, bahkan sekarang pemerintah sudah menentukan hari batik yaitu hari jum'at.

Batik pada mulanya adalah kesenian melukis di atas kain pada zaman dahulu dan dikerjakan hanya terbatas untuk orang-orang tertentu. tapi lama kelamaan, batik menjadi populer dan banyak yang menggunakannya.
Menurut sebuah lagu yang di populerkan oleh slank, kota batik adalah pekalongan karena pasang surut perkembangan batik pekalongan, memperlihatkan pekalongan layak menjadi sorotan utama layak bagi perkembangan batik di NUSANTARA. Batik pekalongan adalah ikon bagi karya seni yang tak pernah menyerah walaupun perkembangan zaman sudah semakin melaju pesat dan dinamis. Kini batiksudah menjadi darah daging masyarakat pekalongan dan merupakan salah satu produksi unggulan di pekalongan. karena terkenal dengan produksi batiknya, pekalongan disebut sebagai KOTA BATIK.
Tidak hanya di pekalongan, seperti di jogja, batik juga sangat populer dan jogja juga merupakan salah satu produsen batik terbesar di INDONESIA.
bahkan, rata-rata orang jogja menggunakan batik untuk pakaian sehari-hari.
 

Banyak orang-orang berkunjung ke jogja dan membawa oleh-oleh untuk keluarganya batik.
di jogja bukan hanya pakaian yang bermotif batik, sekarang sudah banyak barang-barang lain yang menggunakan motif batik seperti tas, sepatu dll.

Bahkan saking populernya batik, banyak negara-negara lain yang ingin mengakui batik adalah kebudayaan mereka. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara INDONESIA, jagalah terus kebudayaan kita dengan salah satu caranya memakai batik, walaupun sekolah - sekolah dan perusahaan dijakarta sekarang hanya hari-hari tertentu saja yang di wajibkan memakai batik.


Siapa sangka, kekaguman batik sekarang sudah meluas ke seluruh penjuru dunia, dan merupakan salah satu kesenian tradisional paling indah di INDONESIA.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar