Jumat, 27 Mei 2011

MEDIA ELEKTRONIK MENYINGKIRKAN BUDAYA

Indonesia mempunyai berbagai macam kebudayaan. Hampir setiap pulau ditinggali oleh suku dan ras dan tiap-tiap suku dan ras mempunyai kebudayaannya sendiri. Namun seiring berkembangnya zaman, kebudayaan di Indonesia mulai luntur. Hal ini dikarenakan semakin berkembangnya teknologi yang mempunyai dampak negatif terhadap kebudayaan Indonesia. Dengan banyaknya media elektronik kebudayaan barat mulai mengubah pola pikir masyarakat Indonesia. Karena pola pikir masyarakat Indonesia yang masih rendah, mereka dengan mudah mengikuti budaya barat tanpa adanya filtrasi. Sehingga mereka cenderung melupakan kebudayaanya sendiri.

dengan adanya media elektronik masyarakat indonesia sudah mulai melupakan budaya-budaya indonesia yang sangat beragam.dengan berkembangnya elektronik seperti internet dan tv maka dengan mudahnya budaya barat masuk ke indonesia dengan mudah.sehingga budaya timur dahulu yang dikenal sebagai budaya ramah dan tamah pun kini mulai menghilang sejalan dengan perkembangan zaman.

kini budaya indonesia dikit demi sedikit sudah mulai terhapus sehingga masyarakat indonesia lebih memilih budaya barat yang sekarang lebih modern atau trendi yang mudah dilakukan oleh masyarakat indonesia sehingga budaya sendiri pun ditinggalkan hal ini sungguh sangat memprihatinkan.

pendapat saya
semestinya budaya yang kita miliki harus lebih digalakan kembali agar tidak tersingkir oleh budaya barat karena sekarang ini sudah jarang sekali acara di media elektronik yang meninggalkan budaya indonesia sehingga mereka tidak menyiarkan budaya-budya yang ada diindonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar